Jumat, 27 Oktober 2017

Tugas Ilmu Sosial Dasar

Dari Jualan Sticker di Line, Anak Muda Ini Bisa Beli Rumah

Nama : Muhammad Fariz Hidayat
Kelas : 5KA49
NPM : 1B116173

Jakarta - Selain YouTuber, menjadi kreator sticker di aplikasi pesan instant Line bisa menjadi profesi menjanjikan. Bagaimana tidak, puluhan juta rupiah bisa didapat tiap bulannya. Hal tersebut diungkap PR Director Line Indonesia Dhyoti Basuki Ramdhani. Dia mengatakan, banyak anak muda kreatif yang mendesain sticker unik dan menjualnya di platform Line. Harga stickernya memang tidak dipatok mahal. Tapi dengan banyaknya yang membeli, pendapatan yang diraih pun besar.

"Banyak kreator yang masih SMA punya pendapatan puluhan juta tiap bulannya. Ada yang bisa membeli rumah, memberangkatkan Umroh bahkan membeli perkebunan sawit," kata Dhyoti saat berbincang usai acara Line Creativate 2017, Jakarta, Jumat (27/10/2017).

Dhyoti mengungkapkan, pihaknya tidak mengambil keuntungan dari penjualan sticker, Namun memang porsi yang diterima para kreator tidak penuh.


Foto: Adi Fida Rahman/detikINET


Mereka hanya mendapatkan 70% dari hasil penjualan, sementara sisa 30% diambil oleh pemilik platform, seperti Play Store atau App Store. Dalam kesempatan ini, Dhyoti mengajak generasi muda untuk menjadi kreator digital, karena menurutnya mudah dilakukan dan menghasilkan. "Kita pengen kreator terus berkarya. Line ini kan platform gratis, manfaatkan. Bawa ide kreatif kamu dan ini akan memberikan penghasilan," ujar Dhyoti.

Hasil Analisis :
1.  Sosial
Aspek dari sisi social ini memberikan dampak positif kepada anak muda yang mempunyai keahlian dibidang desain grafis untuk mendorong berfikir bahwa banyak disekitar mereka yang bisa dijadikan uang.
2.  Budaya
Dari segi budaya anak muda yang sekarang mempunyai keahlian dibidang desain grafis bisa membuat stiker budaya-budaya di Indonesia serta bisa melestarikan melalui stiker Line.
3.  Ekonomi
Tentu ini sangat bisa membantu perekonomian masyarakat yang berprofesi menjadi desain grafis, ini merupakan alternatif terbaru yang bisa digunakan untuk mendapatkan uang dengan menjual Stiker Line yang dibuat.
4.  Politik
Untuk aspek politik bisa saja digunakan untuk para calon Presiden atau Calon Gubernur untuk membuat stiker Line menjadi ajang kampanye, namun itu harus melalui beberapa saringan yang bisa menimbulkan ketidaksukaan bagi para pendukung calon Presiden lain.
5.  Hukum/
Aspek hukum ini sangat penting untuk Stiker di Line, karena untuk memantau stiker stiker yang berbau sara atau pornografi bisa disalah gunakan.

sumber : https://inet.detik.com/cyberlife/d-3703319/dari-jualan-sticker-di-line-anak-muda-ini-bisa-beli-rumah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar