RIZKI MOBILKUAnda adalah seorang konsultan manajemen untuk Rizki Hidayat, pemegang saham mayoritasdari kelompok 5 dealer mobil merangkap bengkel servis. Ia telah meminta Anda untuk menghabiskan beberapa hari di Rizki Mobilku, sebuah dealer yang tidak memberikan kinerjasesuai dengan potensinya. Anda tidak diperkenankan “mencari masalah”, sebagai gantinya, tugas Anda adalah menemukan cara-cara untuk membantu manajemen di dealer tersebut mengambil keuntungan dari setiap peluang.
Satu hari ketika Anda sedang berbicara dengan Pramono, manajer penjualan untuk Rizki Mobilku, Anda menyadari bahwa dealer hanya mempergunakan sistem pemrosesan transaksi ia tidak menyadari potensi dari informasi yang telah dikumpulkannya untuk pengambilan keputusan manajerial. Sebagai contoh, Rizki Mobilku mengetahui tanggal pembelian dan pemilik dari setiap mobil yang dijualnya, tetapi ia tidak pernah menghubungi pemilik mobil tersebut sehubungan dengan pemeliharaan rutin. Rizki Mobilku tahu bahwa orang yang membeli sebuah mobil baru biasanya akan menukar mobil tersebut dengan mobil baru lain 10 tahun kemudian, tetapi dealer tidak menghubungi pelanggan-pelanggan sebelumnya ini.
Soal
1. Berdasarkan kasus Rizki Mobilku, jelaskan perbedaan antara data dan informasi. Data apa yang sebaiknya diproses menjadi informasi di Rizki Mobilku?
2. Apakah saran anda terhadap kasus Rizki Mobilku untuk mencapai keunggulan kompetitif?
Jawab
- 1. Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih bersifat mentah, sehingga memerlukan adanya suatu pengolahan.
- Informasi adalah hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya.
- Untuk Rizky Mobilku menggunakan Data Transaksi yang digunakan untuk Informasi penjualan dan pembelian.
2. Saran
untuk Rizky Mobilku
- Gunakan Database Management System untuk Memelihara statistik penggunaan data seperti siapa yang mengubah, tanggal berapa, jam berapa, dsb. Menyimpan semua catatan perubahan yang terjadi pada record (Data).
- Melakukan BackUp data untuk menjaga keamanan data pelanggan jika suatu terjadi bencana pada penyimpanan data.
- Mencari informasi tentang pasar mobil yang sedang trendy di Dunia.
- Melakukan sharing pada Manajer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar