Banyak
sekali jenis e-Commerce pada saat ini. Maksud dari e-Commerce sendiri adalah
suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara online. Dan disini saya
akan menganalisis penggunaan e-Commerce pada toko “GRAMEDIA ONLINE” dan toko “BUKU
KITA”.
TOKO BUKU GRAMEDIA
#Kelebihan
Gramedia
merupakan salah satu toko buku terbesar di Indonesia. Sekarang melayani
penjualan buku dengan cara e-commerce (secara online). Kategori yang ditawarkan
secara online juga beragam, fiksi, nonfiksi, buku anak-anak, buku masak dll.
Bisnis penjualan buku secara online ini sepertinya akan menjadi bisnis yang
menjanjikan di masa mendatang. Mengingat besarnya jumlah penduduk dan semakin
banyaknya pengguna internet di Indonesia. Didukung dengan infrastruktur
internet yang semakin baik dari waktu ke waktu.
Memang pada umumnya masyarakat Indonesia masih ingin melihat dan memegang barang sebelum membelinya. Tetapi memang diperlukan waktu agar mereka terbiasa dengan pembelian buku secara online. Sepertinya nantinya masyarakat akan terbiasa dengan melakukan transaksi secara online seperti ini.
Memang pada umumnya masyarakat Indonesia masih ingin melihat dan memegang barang sebelum membelinya. Tetapi memang diperlukan waktu agar mereka terbiasa dengan pembelian buku secara online. Sepertinya nantinya masyarakat akan terbiasa dengan melakukan transaksi secara online seperti ini.
Kalau di
lihat dari sudut pandang gramedia, maka mereka melakukan sell side e-commerce .
Letak e-commerce yang dilakukan pada perusahaan mereka sendiri. Menurut saya
penjualan buku online yang dilakukan gramedia ini ber tipe Business to Consumer
(B2C). Mereka seharusnya tidak akan melakukan penjualan buku B2B secara online.
Karena seperti yang kita ketahui mereka juga merupakan salah satu distributor
terbesar yang ada di Indonesia.
Mengapa e-commerce diperlukan di gramedia?
Karena dengan menerapkan e-commerce, maka mereka dapat mengurangi cost yang dipakai untuk toko gramedia, terutama pegawai dan luas wilayah yang dibutuhkan.
Mereka juga dapat meningkatkan penjualan, karena lebih mudah dalam pemesanan. Pembelanjaan secara online mempermudah mereka yang tidak mempunyai waktu. Pencarian yang dilakukan juga terkadang lebih mudah, customer juga tidak akan membuang effort yang banyak jika ternyata buku yang dicari tidak tersedia. Karena mereka cukup melakukan pencarian secara online. Bayangkan jika mereka harus mendatangi toko gramedia terdekat untuk mencari buku tertentu, dan ternyata buku tersebut out of stock,
Mengapa e-commerce diperlukan di gramedia?
Karena dengan menerapkan e-commerce, maka mereka dapat mengurangi cost yang dipakai untuk toko gramedia, terutama pegawai dan luas wilayah yang dibutuhkan.
Mereka juga dapat meningkatkan penjualan, karena lebih mudah dalam pemesanan. Pembelanjaan secara online mempermudah mereka yang tidak mempunyai waktu. Pencarian yang dilakukan juga terkadang lebih mudah, customer juga tidak akan membuang effort yang banyak jika ternyata buku yang dicari tidak tersedia. Karena mereka cukup melakukan pencarian secara online. Bayangkan jika mereka harus mendatangi toko gramedia terdekat untuk mencari buku tertentu, dan ternyata buku tersebut out of stock,
#Kekurangan
Pelayanan operasional online Gramedia yang
hanya terbatas pada hari Senin – Jumat, pukul 08.00 – 17.00 WIB saja. Sehingga
pada malam hari dan weekend, situs onlineGramedia
tersebut tidak beroperasi. Kondisi tersebut akan menyulitkan konsumen yang
ingin melakukan transaksi pada malam hari atau pada hari Sabtu atau Minggu,
misalnya seperti orang-orang yang sibuk dan tidak memiliki cukup waktu untuk
bertransaksi pada jam kerja.
#Peluang
Dalam era globalisasi sekarang ini, internet
telah menjadi bagian dari setiap kehidupan masyarakat, penggunaan internet
secara positif mampu memberikan banyak manfaat kepada penggunanya. Banyak
informasi yang didapat dari internet, bahkan internet juga telah dijadikan
media bisnis seperti penjualan barang secaraonline, dan juga media
pembelajaran. Hal tersebut yang kemudian menciptakan suatu produk yang
disebut e-book atau electronic book, yaitu buku
yang berupasoft copy dan umumnya berupa file PDF. E-book juga
disebut paperless book, karena penggunaannya harus melalui media
ekektronik seperti computer, laptop, atau notepad.
Bisa dikatakan bahwa saat ini sudah banyak masyarakat yang menggunakan e-book sebagai
bahan bacaan mereka. Gramedia Bookstore dalam situasi ini berpeluang untuk
turut menyediakan e-book bagi konsumennya, hal tersebut akan
menjadi hal baru bagi Gramedia Bookstore, sehingga tidak hanya menyediakan buku
dalam bentuk hard copy, namun juga menyediakan e-book.
TOKO BUKU KITA
Merupakan salah
satu web e-commerce yang bergerak di bidang pembelian buku-buku secara online. Pembelian
buku-buku tersebut dapat dilakukan dengan melakukan transaksi melalui bank-bank
yang terdaftar pada web tersebut.Proses pembelian dan transaksi dalam web
tersebut cukup mudah, karena diberikan penjelasan tahapan demi tahapan. Sehingga
para pembeli tidak kebingungan untuk membeli barang tersebut. Kenapa toko buku online? Karena BukuKita.com sadar, buku
adalah sumber pengetahuan. Bahkan BukuKita.com mengerti, tidak semua orang
punya waktu untuk pergi ke toko buku. Lewat BukuKita.com, masyarakat dapat
melakukan pemesanan 24 jam sehari 7 hari seminggu. BukuKita.com menyediakan
buku-buku baru dan menyediakan layanan antar ke seluruh Indonesia. Sampai pada
saat ini, BukuKita.com telah bekerja sama dengan sebagian besar Penerbit dari
seluruh Indonesia dan terus mengembangkan kerjasama dengan berbagai perusahaan
untuk melengkapi produk yang dijual di BukuKita.com. Pada bulan Juni 2011,
BukuKita.com telah beroperasi selama 5 tahun dan merupakan salah satu Toko Buku
Online terlengkap dan paling ramai di Indonesia.
Pelanggan
BukuKita.com telah mencapai 90.380 orang dan terus bertambah. BukuKita.com
telah melayani puluhan ribu pelanggan dan mengirimkan buku keseluruh wilayah
Indonesia.
Berkat dukungan
Anda dan para pelanggan, BukuKita.com telah diakui dan bekerjasama dengan
Google.com Asia Pacific dan berbagai perusahaan besar lainnya.
Analisa yang saya
cari dan lihat dari beberapa sumber, BukuKita.com ini memiliki kelebihan dan
kekurangan. Berikut adalah kelebihan maupun kekurangannya:
#Kelebihan
1. Lebih praktis
Faktor kepraktisan
adalah salah satu alasan mengapa BukuKita.com disukai oleh orang banyak.
Terutama bagi para penerbit yang ingin menjual buku-bukunya. Tidak susah dengan
menaruh buku di toko-toko yang ada, dengan membuka lapak sendiri sesuai
kategori buku yang akan dijual, maka buku-buku tersebut sudah dapat dilihat
oleh calon pembeli.
2. Cepat laku
Dengan banyaknya
pengguna internet sekarang ini maka memudahkan BukuKita.com dalam menjual
produk. Sebagian besar peminatnya adalah mahasiswa, anka pelajar, professional
muda, adalah pasar yang potensional. Sehingga membuat produk yang ditawarkan
BukuKita.com menjadi cepat laku.
3.Tak Perlu Keluar
Rumah
Salah satu
kemudahan belanja via BukuKita.com ialah konsumen tak perlu repot–repot pergi
ke Mall atau toko untuk mencari membeli buku yang diinginkan. Konsumen hanya
perlu membuka situs online yang salah satunya adalah BukuKita.com. Konsumen
tinggal duduk manis didepan monitor dan surfing menyusuri halaman-halaman yang
ada di situs BukuKita.com.
#Kekurangan
Berikut ini
merupakan penjelasan tentang kelemahan transaksi melalui media internet.
1. Konsumen Tak
Yakin Benar Barangnya sesuai Dengan Harapan
Salah satu
kelemahan transaksi melalui BukuKita.com ini adalah dimana konsumen dan
pedagang tidak bertatap muka langsung. Dan konsumen tidak bisa melihat barang
yang dibeli secara real. Sehingga menimbulkan rasa cemas dimana barang yang
dibeli nanti tidak sesuai harapan, misalnya ada halaman yang cacat.
2. Salah Kirim
Salah satu masalah
yang terjadi ketika paska transaksi online shop adalah kesalahan mencantumkan
alamat. Jadi, barang belanjaannya tidak sampai kepada konsumennya. Masalah ini
sering terjadi ketika konsumen belanja di situs online luar negeri. Konsumen
keliru menulis alamat jelas, tanpa kode Negara dan No. HP. Kesalahan fatal ini
bakalan merugikan konsumen sendiri.
Kesimpulan
Dari hasil analisis antara dua toko buku online di atas menurut saya yang paling sukses menggunakan e-Commerce adalah TOKO GRAMEDIA ONLINE. Karena GRAMEDIA merupakan reputasi yang sangat baik. Menurut Damanik (2010) hal ini dibuktikan dengan gelar Top Brand Award 2010 yang berhasil dipertahankan oleh Gramedia Bookstore. Acara yang diselenggarakan oleh Majalah Marketing dan Frontier Consulting Group tersebut menobatkan Gramedia Bookstore sebagai toko buku paling dikenal oleh publik, dengan Top Brand Index (TBI) sebesar 78,1. Berdasarkan index tersebut, merek Gramedia memang begitu lekat di hati masyarakat sehingga sekitar 78,1% dari 2.400 responden di enam kota besar di Indonesia memilih Gramedia sebagai merek paling top. Merek Gramedia menempati top of mind di masyarakat, memiliki market share yang tinggi, dan memiliki pelanggan dengan tingkat loyalitas yang tinggi.
Itulah pembahasan e-commerce pada TOKO BUKU GRAMEDIA dan TOKO BUKU KITA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar