Minggu, 01 Oktober 2017

Perkembangan Hardware & Software

Hardware  
Penjelasan: Hardware atau  perangkat keras  Adalah Perangkat keras, suatu alat yang bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi. Penjabarannya adalah Perangkat keras, merupakan salah satu element dari sistem komputer, suatu alat yang bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi.
Dalam bahasa Indonesia disebut dengan perangkat keras. Merupakan perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran.
Peralatan ini umumnya cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya, yang disebut juga dengan instruction set. Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintah tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatka olehnya.
Agar proses pembelajaran mengenai komputer lebih terarah adapun pengelompokan harware agar lebih mudah sesuai dengan fungsinya pada komputer.

Berikut ini pengelompokan perangkat  keras komputer agar lebih mudah dipahami:
1.Input Device : Perangkat input / masukan
2.Process Device : Perangkat yang menjalankan proses sistem komputer
3.Output Device : Perangkat output / keluaran, menghubungkan sistem keluar
4.Storage Device : Perangkat untuk menyimpan

Contoh – contoh hardware
hadware
Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkap masing-masing pengelompokan tersebut:

INPUT DEVICE  
Input  device merupakan  perangkat  komputer  yang memiliki fungsi sebagai input atau masukan, baik itu perintah maupun koneksi kedalam sistem komputer. Ada beberapa perangkat yang masuk kategori input device, diantaranya adalah:
Keyboard : berfungsi untuk mengetik huruf an angka serta perintah pada komputer
Mouse : berfungsi untuk menjalankan perintah klik kiri dan klik kanan, menggerakkan pointer, serta menjalankan perintah dengan klik
Touchpad : Touchpad berfungsi layaknya mouse, touchpad ini biasanya sebagai pengganti mouse dan biasa di jumpai pada laptop.
Masih banyak lagi perangkat lainya seperti joystik, scanner, voice recognizer, dan lain-lain.

mousekyboard
A.Mouse                                             B.Keyboard

touchpad
C.Touch Pad

PROCESS DEVICE 
Perangkat ini merupakan perangkat yang berhubungan dengan fungsi pemrosesan dalam komputer itu sendiri.
CPU / Processor : merupakan singkatan dari central processing unit atau yang juga dikenal dengan istilah processor adalah bagian terpenting yang menjalankan sistem komputer. Bisa di ibaratkan sebagai otak pada komputer.
Memori / RAM (random access Memory) : Memori merupakan perangkat yang menyimpan proses kinerja komputer untuk sementara. Sehingga membuat pengaksesan data yang sama lebih cepat. Maka dari itu RAM besar berpegaruh pada kecepatan komputer.
Motherboard :  Merupakan perangkat yang menghubungkan perangkat keras komputer antara satu dan yang lain.
VGA Card (Video Graphic Array) : Biasa juga disebut kartu grafis yang berfugsi untuk memberikan tampilan berkualitas pada layar komputer. Biasanya setiap mainbord sudah memiliki VGA bawaan, namun untuk kualitas beresolusi tinggi yang jernih VGA Card sangat diperlukan.
cpuramprosesor
A.CPU                              B.RAM                                   C.Prosesor

PROCESSOR :Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda.

OUTPUT DEVICE  
Output device merupakan perangkat komputer yang memberikan output/keluaran, baik berupa tampilan visual, suara, maupun tampilan cetak, dan lain sebagainya. Adapun yang termasuk output device adalah:
Monitor/ Lcd Monitor : berfungsi untuk menampilkan proses komputer dalam bentuk visual/ gambar
Speaker : befungsi untuk mengeluarkan suara dari komputer
Printer : untuk mencetak pada media kertas, dan sebagainya
monitorspekerprinter
A.Monitor                   B.Speaker                               C.Printer



STORAGE DEVICE
Peragkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan untuk menyimpan data-data komputer.
Hardisk : Perangkat penyimpanan utama pada komputer, biasanya tampil di komputer dengan sebutad Drive :C, Drive D, dan seterusnya. Tergantung pembagian partisinya.
Floppy Disk : Biasa dikenal dengan sebutan disket, merupakan penyimpanan luar pertama, sangat populer semasa sitem DOS, lotus123, sistem komputer jaman dulu. Sekarang sudah jarang dijumpai dan mulai tergantikan oleh CD/DVD dan Flashdisk.
CD/DVD : Penyimpanan ekternal berbentuk piringan yang bisa menyimpan data. Flashdisk : Perangkat penyimpanan eksternal yang saatini paling banyak digunakan karena bisa menyimpan dan menghapus data.
disketfd
A.Disket                                                          B.Flasdisk

hardisk
C.Harddisk

Pemakai Akhir dan komputansi  Perusahaan
Sistem informasi yang pertama dikembangkan dengan para spesialis informasi melakukan seluruh pekerjaan bagi para pengguna. Pendekatan ini diilustrasikan pada Figur 4.4, dan masih dipergunakan untuk banyak proyek-proyek sistem saat ini, menunjukkan bagaimana spesialis informasi bertindak sebagai perantara, yang memisahkan pengguna dari komputer. Panah-panah di dalam figur tersebut mencerminkan aliran komunikasi dua arah.

Keuntungan Komputasi Pengguna Akhir
EUC memberikan dua manfaat utama:
Menyamakan kemampuan dan tantangan. Pergeseran beban kerja dalam pengembangan sistem ke area-area pengguna memberikan kebebasan lagi spesialis informasi untuk lebih berkonsentrasi pada organisasi secara luas dan sistem-sistem yang rumit, yang memungkinkan mereka melakukan pekerjaan yang lebih baik di area-area tersebut.  -Mempersempit jarak komunikasi. Kesulitan yang selalu menghantui pengembangan sistem sejak hari pertama komputasi adalah komunikasi antara pengguna dan spesialis informasi. Pengguna memahami area masalah yang lebih baik daripada teknologi komputasi.

Risiko Komputasi Pengguna Akhir
Ketika  pengguna  akhir  mengembangkan  sistem  mereka  sendiri,  mereka akan menghadapkan perusahaan kepada sejumlah risiko: Sasaran sistem yang buruk. Pengguna  akhir  dapat  menerapkan komputer pada aplikasi-aplikasi yang seharusnya dijalankan dengan cara lain, seperti secara manual. Sistem yang dirancang dan didokumentasikan  dengan buruk. Para pengguna  akhir,  meskipun mereka memiliki tingkat kompetensi teknis yang cukup  tinggi,  biasanya  tidak  akan  dapat  menyamai  profesionalisme  dari  spesialis  informasi dalam hal perancangan sistem.
Penggunaan sumber daya informasi yang  tidak  efisien.
Ketika  tidak terdapat  kendali  pusat  atas akuisisi peranti keras dan peranti lunak, perusahaan  pada  akhirnya  bisa  mendapatkan peranti keras  yang tidak sesuai dan peranti lunak yang berlebihan. Hilangnya  integritas  data.  Pengguna  akhir bisa jadi tidak menjalankan kehatihatian yang diperlukan dalam memasukan data ke dalam basis data perusahaan. Hilangnya keamanan. Pengguna akhir dapat tidak menjaga data dan peranti lunak mereka.
Dalam banyak kasus, pengguna akan bekerja sama dengan spesialis informasi dalam mengembangkan sistem. Oleh karena itu, konsep EUC tidak berarti hilangnya kebutuhan akan spesialis informasi. Konsep ini  lebih diartikan  bahwa spesialis informasi akan lebih banyak memainkan peranan konsultasi daripada yang sebelumnya pernah mereka lakukan.  Figur 4.5 menunjukkan suatu skenario EUC dimana pengguna akan mengandalkan spesialis informasi untuk mendapat dukungan pada tingkat tertentu.

Periferal computer:
  1. Peripheral utama (main peripheral) Yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh periferal utama yaitu: monitor, keyboard dan mouse.
  2. Peripheral pendukung (auxillary peripheral) Yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu. Contohnya yaitu: printer, scanner, modem, web cam dan lain-lain.  Sedangkan berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian komputer terbagi menjadi:

Siklus Pengolahan data yang Dikembangkan
olahan data
Keterangan Gambar : perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat tersebut antara lain keyboard, mouse, scanner, digitizer, kamera digital, microphone, dan periferal lainnya. Jadi ketika data dimasukkan, data yang masuk di progam sesuai keinginan seingga tampilan di output bisa sesuai dengan apa yang diprogam
Merupakan data yang masuk ke dlm sistem informasi.
• Data untuk sistem informasi perlu ditangkap dan dicatat di dokumen dasar (Source Document).
• Dokumen dasar membantu dalam penanganan arus data sistem informasi :
1. Menunjukkan   macam     data     yang     harus   dikumpulkan       dan   ditangkap.
2. Data      dapat        dicatat       dengan        jelas,        konsisten       dan         akurat.
3. Mendorong     lengkapnya     data   akuntansi.
4. Sebagai    pendistribusi    data.
5. Membantu pembuktian terjadinya transaksi yang sah, shg berguna utk pelacakan pemeriksaan (audit trail).
6. Sebagai      cadangan    atau    pelindung   (back-up)  dari file-file data di komputer.
Proses memasukkan data yang ditangkap di dokumen dasar

SOFTWARE  
  • Pengertian dan Aplikasi
Pengertian Software  adalah perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan  hardware atau  perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun  bisa untuk dioperasikan.
Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah
Jenis-jenis Software atau Perangkat Lunak Software atau  perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free software, shareware, adware) .
  • Software berbayar
Software berbayar  merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.
  • Freeware
Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).
  • Free Software
Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan: program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau  Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana program dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka berasal. Perbedaan yang nyata antara Free Software dan Freeware. Konflik muncul dalam arti kata free dalam bahasa Inggris, yang berarti keduanya bebas dan gratis. Oleh karena itu, dan seperti yang disebutkan sebelumnya, Free Software tidak perlu bebas, sama seperti Freeware tidak harus gratis.
  • Shareware
Shareware juga bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari) . Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari program. Sebuah contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak antivirus, perusahaan-perusahaan ini biasanya memudahkan pelepasan produk evaluasi yang hanya berlaku untuk jumlah hari tertentu. Setelah melewati maksimum, program akan berhenti bekerja dan Anda perlu membeli produk jika Anda ingin tetap menggunakannya. Kita juga dapat menemukan perangkat lunak bebas sepenuhnya, namun termasuk dalam program periklanan, distribusi jenis ini disebut Adware. Sebuah contoh yang jelas adalah program Messenger dari Microsoft yang memungkinkan penggunaan perangkat lunak bebas dalam pertukaran untuk masuk dengan cara iklan banner atau pop-up.
  • Macam-macam software
Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti Open Office.org. Sistem operasi (operating system) misalnya Ubuntu. Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan. Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya. Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam  jam  tangan digital dan pengendali jarak jauh. Perangkat lunak bebas (free ‘libre’ software) dan Perangkat lunak sumber terbuka(open source software)
Perangkat lunak gratis (freeware)
Perangkat lunak uji coba (shareware / ‘trialware)
  • Sistem Operasi
Program pengendalian sistem utama, yang mengawasi  keseluruhan operasi komputer ,mengalokasi waktu  CPU  dan   memori   utama    ke    program-program,    dan     menyediakan  antarmuka antara pengguna dan peranti keras.Fungsi Sistem Operasi:User Interface Memungkinkan kita berkomunikasi dengan sistem operasi agar  kita dapat memasukkan program, mengakses file, dan  menyelesaikan tugas lainnya.
Dalam ilmu komputer, system operasi atau yang dalam bahasa inggrisnya Operating System (OS) adalah suatu perangkat lunak system yang berfungsi memberikan gambaran terhadap kontrol dan manajemen perangkat keras serta berbagai operasi dasar sistem yang dipakai oleh software aplikasi, seperti program – program pengolah data dan browser WEB. Secara umum, Sistem Operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada lapisan memori komputer pada saat komputer dinyalakan booting. Sedangkan software – software lainnya dijalankan setelah sistem operasi berjalan, dan sistem operasi akan melakukan layanan inti untuk software – software itu.  Sistem operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian : Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory Kernel , yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain Drive, untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya
Jenis – jenis sistem operasi :
– MS
-DOS
– UNIX
– LINUX
– MAC OS
– WINDOWS XP
  • Aplikasi end user ( Aplikasi Pemakai akhir )
End User Computing (EUC) systems adalah sistem informasi berbasis komputer yang secara langsung mendukung aplikasi operasional dan manajerial oleh end users.  End User Computing salah satu metode pengembangan sistem berbasis komputer yang dilakukan oleh pemakai sendiri (user).
End User Computing sebagai Masalah Strategis Tidak semua orang yang ikut serta dalam EUC mempunyai tingkat pengetahuan yang sama tentang komputer. Para pemakai akhir dapat dikelompokkan menjadi empat golongan berdasarkan kemampuan:
• Pemakai Akhir Tingkat Menu (menu-level end user) Tidak mampu menciptakan perangkat lunak sendiri, tetapi dapat berkomunikasi dengan perangkat lunak jadi dengan menggunakan menu-menu seperti yang ditampilkan oleh perangkat lunakberbasis Windos dan Mac
• Pemakai Akhir Tingkat Perintah (command level end user) Dapat menggunakan bahasa perintah untuk melaksanakan operasi aritmetika dan logika pada data.
• Pemakai Akhir Tingkat Programmer (end user programmer)
Dapat menggunakan bahasa pemrograman seperti C++ dan mampu mengembangkan programprogram yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka sendiri. • Personil Pendukung Fungsional (fungsional support personnel) Merupakan spesialis informasi, tetapi mereka berdedikasi pada area pemakai tertentu dan melapor pada manajer fungsional mereka.
  • Jenis Aplikasi Pemakai Akhir (Aplikasi End User )
Sebagian besar aplikasi end-user terbatas pada: – Sistem pendukung keputusan (DSS) yang relatif mudah – Aplikasi virtual office yang memenuhi kebutuhan perseorangan. Selebihnya adalah tanggung jawab spesialis informasi untuk bekerja sama dengan pemakai dalam mengembangkan: – Aplikasi SIM dan SIA – DSS yang rumit – Virtual office yang memenuhi kebutuhan organisasi – Sistem berbasis pengetahuan
  • Manfaat
• EUC menyeimbangkan kemampuan pengembang dengan tantangan sistem EUC menghilangkan atau mengurangi kesenjangan komunikasi antara pemakai dan spesialis informasi.
• Kreasi, pengendalian, dan implementasi oleh pemakai
• Sistem yang memenuhi kebutuhan pemakai
• Ketepatan waktu
• Membebaskan sumber daya sistem
• Kefleksibilitasan dan kemudahan penggunaan Manfaat End User Computing
EUC memberi manfaat bagi perusahaan dalam dua cara utama:
  • Menyeimbangkan Kemampuan dan Tantangan
Pemindahan beban kerja dari pengembangan system ke area pemakai membebaskan para spesialis untuk berkonsentrasi pada system yang rumit dan berlingkup organisasi, sehingga mereka dapat bekerja lebih baik pada area bidang tersebut.
  • Mengurangi Kesenjangan Komunikasi
Kesulitan komunikasi antara pemakai dan para spesialis informasi telah mengganggu pengembangan system sejak masa awal adanya komputer. Pemakai memahami bidang permasalahan dengan lebih baik, sebaliknya, spesialis adalah pakar teknologi tetapi tidak menguasai bidang permasalahan. Dengan membiarkan pemakai mengembangkan aplikasi mereka sendiri, tidak ada kesenjangan komunikasi karena tidak diperlukan komunikasi.
  • Alternatif Software
Alternatif software adalah suatu software yang dibuat untuk membantu para user dalam pengguanaan software computer yang bermasalah.
Contoh dari Alternatif Software yaitu :  ·   Converter Office 2007, Bagi pengguna Office 2003 tidak usah terburu untuk mengupdate/ mengganti office anda dengan office 2007 karena converter 2007 juga bisa membuka file-file yang tersimpan pada format 2007. ·   K-lite, Plugin untuk memutar audio dan video tambahan yang disertakan windows media player Clasic. ·   Cleaning and optimize registry ·   CCleaner, kecil dan menu yang simple software ini cocok untuk computer yang sering hang ata terganggu.
Manajemen system computer
  • Overview system software
Sistem software adalah  program yang dirancang untuk menjalankan aktifitas utama yang melibatkan hardware dan program lainnya dalam system computer. Contoh : Sebuah perusahaan logistik tidak hanya menggunakan sistem informasi penjualan jasa, namun juga menggunakan elemen teknologi lain seperti GPS.
  • Operating system
Sistem operasi (biasa disingkat ke OS atau kernel) adalah sebuah antarmuka antara hardware dan software dalam sistem komputer. OS bertanggung jawab atas pengelolaan dan koordinasi kegiatan dan berbagi dari keterbatasan sumber daya dari komputer. Sistem operasi yang bertindak sebagai tuan rumah untuk aplikasi yang berjalan di komputer. Sebagai tuan rumah, tujuan utama dari sistem operasi adalah untuk menangani secara rincian operasi perangkat keras
  • Program sistem manejemen lain
Suatu software yang dibuat sesuai dengan permintaan permintaan perusahaan tertentu untuk mengatur system yang ada di dalam perusahaan tersebut. Contoh dari Program system manejemen lain yaitu : Sistem manajemen restoran Software restoran dapat digunakan untuk menangani keseluruhan operasi restoran, mulai dari saat tamu datang, pesan makanan, penyajian makanan, hingga sampai tamu melakukan pembayaran dan meninggalkan restoran. Software restoran ini tidak terbatas untuk layanan table service, tetapi juga untuk model fastfood, take away, bakery, foodcourt, dan delivery.
  • Programming language
Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa computer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu set aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Bahasa Pemrograman merupakan notasi yang dipergunakan untuk mendeskripsikan proses komputasi dalam format yang dapat dibaca oleh komputer dan manusia. Proses komputasi umumnya didefinisikan secara formal menggunakan konsep matematika dari Mesin Turing. Pada dasarnya bahasa Pemrograman dirancang untuk memfasilitasi komunikasi antara manusia dengan computer. Sebuah bahasa pemrograman disebut Turing Complete jika dapat dipergunakan untuk mendeskripsikan semua komputasi yang dapat dilakukan Mesin Turing, yaitu memiliki variable integer dan operator aritmatik, pernyataan penugasan, pernyataan sekuensial, pernyataan seleksi, dan pernyataan iterasi.
Web language service
Web Services Description Language (WSDL) adalah sebuah XML berbasis bahasa yang menyediakan model untuk menggambarkan layanan Web.
Web Service Sepenuhnya berdasarkan standard web dan xml. Web Service dapat membantu:
  • Perantara pada integrasi platform sepanjang eksekusi mesin virtual. ·
  • Integrasi antara Web dan OO middleware. ·
  • Integrasi dari aliran kerja terisolasi dan sevice-service (Web Services Flow Language – WSFL). ·
  • Pertukaran data pada aplikasi yang berbeda-beda (X-Schema, XSLT ++) ·
  • (Masa depan: standarisasi dari info konteks antara web servis dan klien – integrasi servis horizontal).
  • Software programming
Pengembangan perangkat lunak adalah program atau aplikasi yang pengembang perangkat lunak digunakan untuk membuat, debug, mempertahankan, atau mendukung program-program dan aplikasi lain. Istilah biasanya mengacu pada program yang relatif sederhana yang dapat digabungkan bersama-sama untuk menyelesaikan sebuah tugas, seperti salah satu tangan mungkin menggunakan beberapa alat untuk memperbaiki objek fisik. Alat pengembangan perangkat lunak dapat dibagi menjadi beberapa kategori berikut:
  • Performance analysis tools analisis kinerja alat.
  • Debugging tools debugging tools.
  • Analisis statis verifikasi formal dan alat.
  • Memeriksa ketepatan alat.
  • Penggunaan memori alat.
  • Membangun aplikasi tools.
  • Lingkungan pengembangan terintegrasi.

Perkembangan Software Komputer dibagi dalam beberapa era yaitu Era Pioneer, Stabil, Mikro, dan Modern. Berikut adalah Sejarah Perkembangan Software Komputer :
1. Era Pioneer.
Pada Era Pioneer ini bentuk software komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu. Di era ini software komputer merupakan satu kesatuan dengan sebuah hardware komputer.
2. Era Stabil.
Pada Era Stabil ini baris-baris perintah software komputer yang dijalankan oleh komputer bukan lagi satu-ratu, tapi sudah banyak proses yang di lakukan secara bersamaan (multi tasking). Software Komputer pada era ini juga mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) dan secara cepat/langsung (real time). Di era ini jugalah mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program dan data .
3. Era Mikro.
Pada Era Mikro ini software komputer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem (WindowsLinux,Machintos, dll), Software Aplikasi (Ms.OfficeOpenOffice, dll) dan Languange Software/Bahasa Pemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll)
4. Era Modern.
Pada Era Modern ini software komputer tidak hanya untuk sebuahkomputer tetapi sebuah handphone pun telah di lengkapi dengan sebuah software sistem seperti Android, Symbian, dll. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh software komputer pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, software komputer sekarang juga mulai bisa mengenal suara dan gambar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar