Minggu, 15 Oktober 2017

Teknologi Cloud Computing

Cloud Computing merupakan susatu konsep teknologi yang memudahkan pengguna layanan untuk berfokus kepada layanan yang disewa,Tanpa harus mengurusi kerumitan dibalik layan tersebut.

Dalam sistem Cloud Computing, ada pergeseran beban kerja yang signifikan. Komputer lokal tidak lagi harus melakukan semua angkat berat ketika datang ke aplikasi yang berjalan. Jaringan komputer yang menangani mereka sebagai gantinya. Tuntutan hardware dan software pada sisi pengguna menurun. Satu-satunya yang diperlukan oleh komputer karyawan untuk menjalankannya adalah system interface perangkat lunak komputasi awan, yaitu Web browser, dan jaringan komputasi awan akan mengurus sisanya.


Teknologi Cloud 

Teknologi cloud memungkinkan beberapa server dijadikan “satu” berfungsi sebagai storage (disk virtual), beberapa server lain (Host) di”satu”kan berfungsi sebagai computing node (CPU virtual). Diatas platform cloud tersebut bisa berjalan beberapa server virtual (Guest). Teknologi cloud juga memungkinkan sekumpulan server virtual (Guest) membentuk suatu network VLAN seperti layaknya server-server fisik yang terhubung dengan LAN. Dimana tiap pelanggan memiliki secure VLAN masing-masing yang tidak bisa saling memasuki.

Autonomic Computing

Autonomic Computing : Konsep dimana komputer beserta sistem infrastruktur komputasinya memiliki kemampuan self-management atau dalam arti umumnya ia memiliki kemampuan untuk memperbaiki dirinya sendiri. Contohnya hardisk pada server jika sudah penuh maka secara otomotis server akan mengantisivasikan hardisk cadangan sehingga tidak mengalami kesuitan dalam menyimpan data. 

Virtualisasi


Virtualisasi adalah sebuah teknologi, yang memungkinkan Anda untuk membuat versi virtual dari sesuatu yang bersifat fisik, misalnya sistem operasi, storage data atau sumber daya jaringan. Dalam prakteknya, dengan membeli dan memiliki satu buah mesin, Anda seolah-olah memiliki banyak server, sehingga Anda bisa mengurangi pengeluaran IT untuk pembelian server baru, komponen, storage, dan software pendukung lainnya.

Dua hal yang telah dijabarkan diatas sebenarnya saling berhubungan. Cloud Computing sendiri bisa dianggap sebagai pengembangan dari virtualisasi. Cloud computing adalah sebuah teknologi yang menggabungkan teknologi virtualisasi dan grid computing. Jadi, selain ada proses virtualisasi, juga terdapat grid computing, dimana seluruh beban proses komputasi yang ada akan didistribusikan ke berbagai server yang saling terhubung di dalam cloud, sehingga prosesnya akan jauh lebih ringan.Dengan teknologi cloud computing sebuah perusahaan bisa menempatkan aplikasi atau sistem yang digunakan di internet dan tidak perlu mengelolanya secara internal. Contoh dari cloud computing versi publik adalah seperti google drive, google docs/spreadsheet, dropbox, dan lain-lain. Cloud computing versi publik bisa digunakan untuk umum secara gratis. Sedangkan untuk versi non publik, penggunanya harus membayar biaya sewa untuk menggunakan sistem virtual tersebut dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Contoh cloud computing versi non publik adalah seperti SmartCloud Enterprise dari IBM, Enterprise Services Cloud-Compute dari HP, SmartMachines dari JoyentCloud dan Elastic Cloud Compute (EC2) dari Amazon.

MapReduce

MapReduce merupakan model pemrograman yang diadaptasi dari pemrograman fungsional yang diimplementasikan untuk mengolah dataset yang sangat besar. Tujuan dari MapReduce adalah merancang suatu abstraksi baru yang memungkinkan pengguna untuk membuat antarmuka pemrograman sederhana dan menyembunyikan detail yang rumit dari pararelisasi, fault-tolerance, distribusi data, dan load balancing dalam pustaka pemrogramannya. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan MapReduce dapat menyederhanakan antarmuka pemrograman yang dapat mendukung paralelisasi dan distribusi komputasi skala besar secara otomatis.




Referensi :

http://irarubiyanti.blogspot.co.id/2011/07/cloud-computing_09.html

https://bamandhityo.wordpress.com/2016/04/13/cloud-computing-dan-virtualisasi/

http://flashintata.blogspot.co.id/2013/04/komputasi-awan-cloud-computing.html

http://wind0809.blogspot.co.id/2013/04/seputar-tentang-cloud-computing-map.html

http://cloudindonesia.com/apa-bedanya-cloud-server-vps-dan-web-hosting/

https://www.maxmanroe.com/cloud-storage-teknologi-penyimpanan-digital-masa-kini-2.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar